Sukarelawan Yayasan MItra Netra, Berminat? Ayo Gabung!

Maret 25, 2008

Sejak Rabu lalu gua punya project pribadi. Mulanya karena hari” yang kosong dan gak ada kerjaan, gua memutuskan untuk googling nyari” apa gitu yang butuh sukarelawan. Setelah nyari beberapa lama, akhirnya ketemu deh kegiatan yang mau gua gabung. Program “1000 buku untuk tunanetra”, jadi untuk memperbesar kesempatan membaca bagi para tunanetra akan dan sudah dibuat buku” berbagai macam genre dengan huruf braille (pake program gitu), e-book dan semacam buku bicara lah. Masalahnya, gak semua penerbit punya dan atau mau memberikan soft copy-nya. Di sinilah kita bisa membantu dengan menjadi sukarelawan yang ngetik isi buku tersebut.

Akhirnya setelah mencari” buku yang tersedia di rumah dan dengan berbagai pertimbangan, gua memilih untuk mengetik The ABC Murders karya Agatha Christie. Dan sampai hari ini gua udah ngetik 101 halaman dari perkiraan sekitar 400 halaman total. Sempat berpikir untuk nyalin “Bung Karno-Penyambung Lidah Rakyat Indonesia”, tapi setelah dipikir buku itu kayaknya subjektif banget dan gua gak mau pembacanya nanti jadi berpihak dan membenci sikap politik, tokoh, atau negara tertentu.

Sempat pula mau ngetik “traveler’s tale”, tapi ternyata gagasmedia punya dan udah ngasih softcopy-nya. Btw, yang bener dalam bahasa inggris tuh traveler’s atau traveller’s sih? Ini juga yang membuat gua sempat ragu buat nyalin nih buku. Nanti gua turut berkontribusi pada salah kaprahnya tunanetra lagi..hehe. Terus novel” Sidney Sheldon, entah kenapa gua merasa sedikit terlalu berbau seks (meskipun gua yakin penyaluran bukunya akan diawasi, tapi gua gak mau nanti buku” itu lolos ke anak-anak, jadi batal juga deh).

Salut deh buat Yayasan Mitra Netra, khususnya Mas Firdaus, yang tanggap mengatasi masalah (gua sempat gak bisa daftar, tapi setelah ngirim e-mail database sukarelawan sudah terupdate dalam waktu kurang dari 12 jam).

Salut pula buat para penerbit yang menyimpan soft copy buku-buku terbitannya dan mau berpartisipasi, para sukarelawan, dan para pengarang.

Untuk informasi lebih lanjut, cek di:

http://www.mitranetra.or.id/ebook

Ayo gabung! Manfaat yang cukup gua rasakan sekarang paling tidak mengetik jadi lebih lancar (yang mana tadinya gua kacau dan lelet banget). Terus bisa dijadikan latihan buat nulis skripsi nanti, dan khususnya bagi yang punya impian jadi penulis bisa membiasakan diri untuk berkarya, walaupun sekarang cuma nyalin..hehe.

5 Tanggapan to “Sukarelawan Yayasan MItra Netra, Berminat? Ayo Gabung!”

  1. KaJe Says:

    wah, hebat vid. Lu ngisi waktu “liburan” ini dengan beramal mengetik buku untuk dikirimkan ke Yayasan Mitra Netra. wah vid, gue udah liat nama lu di daftar sukarelawannya. haha.. mau juga sih, tapi males ngetiknya vid…

  2. dita Says:

    sy mahasiswa di PTn Bandung,
    boleh tau lebih banyak tentang proyek ini
    sy berminat ikut serta..

  3. nana ES Says:

    mau minta informasi untuk bisa juga bantu2 sukarela dalam pengetikan. bgm memulainya? bagimana cara jadi anggota? terima kasih

  4. nana ES Says:

    bgm cara jadi anggota? apa bisa mengetik dari rumah ? mohon info

  5. bocahpemimpi Says:

    @ dita & nana :
    gw respek sama niat baik kalian, tulisan gw sendiri akhirnya ga disubmit (udah sekitar 40 halaman word!!! hahaha). Website-nya ga bisa dibuka, dan e-mail gw ga dibales”.

    mungkin proyeknya dianggep udah kelar, dan ditutup gitu aja. ga ngerti deh. Tetep, gw salut dgn tekad kalian.

    @dita: kuliah di mana dit? hehehe


Tinggalkan Balasan

